Sunday, November 4, 2012

HP dari Generasi ke Generasi

Dari SD kelas 2 aku udah pake HP. Waktu itu, HP masih jadi barang langka di kalangan anak SD. Aku patut berbangga hati. Aku mau sharing (bukan pamer) tentang HP apa aja yang pernah aku pake. Nggak berurutan sih, pokoknya aku pernah pake HP ini, hehe. Tapi sekarang, aku bahkan gak pake HP sama sekali karena rusak semua, haha.

1. Nokia 3330
HP jadul yang dikeluarkan tahun 2001 yang masih menjadi legenda sampai saat ini. HP itu paling tahan banting menurutku. Baterainya tahan lama, kalo dalam waktu stanby aja bisa tahan 55-260 jam (luar biasa). Gamenya banyak, yang paling aku suka itu Bantumi, yang mirip-mirip sama congklak. Aku jadi kangen sama HP ini. Pengen sih beli HP ini lagi, tapi takutnya uda pada barang bekas yang jelek. Ada juga dijual di amazon, tapi ngemalesin banget berburu 3330 di sana, hehe. Pokoknya, Nokia 3330 tetap menjadi legenda per-handphone-an sampai sekarang. Meskipun layarnya monokrom, nggak masalah sih. Bisa kirim-kiriman gambar, hehe (jaman pacaran SD smsannya pake kirim-kiriman gambar). Tapi yang aku bingung, Nokia 3330 menyediakan layanan WAP. Ntah bisa digunakan atau tidak, aku juga belum pernah mencoba. Ada yang udah nyoba?

2. Nokia 3100
HP mini imut yang keluar tahun 2003. Layarnya uda berwarna, meskipun ukurannya kecil banget. Uda pake fitur polyphonic juga yang buat suaranya lebih mantap. Dan yang keren, kalo kita pake casing asli, casingnya glow in the dark. Tombol arah menunya juga uda 4 arah, nggak kayak HP generasi sebelumnya yang cuma 2 arah. HP ini meskipun nggak ada kameranya, udah bisa kirim MMS. Sama kayak Nokia 3330, udah bisa internetan juga, dan kinerjanya lebih bagus dari Nokia 3330. Kalo game yang paling aku suka di Nokia 3100 itu bowling. Balap mobilnya keren juga, cuma aku sering kalah jadinya kesal sendiri, hehe. HP aku waktu itu warnanya biru dongker, keren banget menurutku. Waktu standby-nya juga termasuk lama, sampe 410 jam. Memang baterai HP Nokia jaman dulu itu tahan banget ya, beda banget sama sekarang.

3. Nokia 3220
HP yang mengusung teman sporty yang diluncurkan tahun 2004. Uda berwarna, cuma layarnya masih kecil. Unggulnya, HP ini memakai sistem express-on-cover. Artinya, casingnya bisa diganti sesuka hati kapanpun dimanapun. Di dalam kotaknya disediakan cetakan casing, keren banget deh. HP ini juga udah ada kameranya, meskipun cuma VGA. Aku juga udah nyoba fitur internet HP ini. Dulu sih rada kenceng, tapi akhir-akhir ini udah lemot. Game yang paling aku suka di HP ini adalah Pinball. Unggulnya lagi, HP ini punya lampu warna warni di sisi kanan dan kirinya. Kalo ada SMS, telpon, atau kalo lagi main game atau denger lagu, lampunya bisa kedip kedip warna warni, hehe. Kayak HP Cherrybelle sekarang lah. Waktu standby HP ini cuma sampe 280 jam. Mungkin karena fitur semakin banyak, batere HPnya juga semakin cepat habis ya.

4. BenQ-Siemens E61
HP pabrikan Taiwan, gabungan antara perusahaan BenQ dan Siemens. Hasilnya adalah BenQ-Siemens. Diluncurin tahun 2006. Layar berwarna dengan ukuran yang lebih besar dari HP-HP aku sebelumnya. HP ini uda pake format MP3 untuk fitur medianya. Aku bisa dengar lagu-lagu favorit aku di HP ini. HP ini juga udah menggunakan eksternal memory. Memory yang dipake itu Mini SD. HP ini bisa internetan, meskipun nggak terlalu kenceng (rada siput sih alias lambat). HP ini masih pake kamera VGA, tapi ya lumayan sih daripada nggak ada sama sekali. Unggulnya HP ini adalah express music. Jadi, di bagian atas HP ini ada tombol shortcut untuk menuju ke musik. Tombol play/pause, volume, sampai previous dan next ada. Suaranya cukup bening dan besar, sebuah keunggulan lagi. Memang prosesornya agak sedikit lambat dan keypadnya keras meskipun kita telah lama memakainya. Tapi nggak masalah sih, mengingat dengan spesifikasi seperti itu HP ini bisa standby sampe 215 jam. Punya aku warna silver, cukup mewah sih.

4. BlackBerry 8320

Merk HP paling terkenal saat ini di Indonesia. Semua orang sekarang rata-rata udah pake BlackBerry, tua dan muda. BB jenis ini diluncurin tahun 2007. Tombolnya QWERTY, yang membuat siapa yang memakainya jadi kelihatan keren, hehe. BB tergolong dalam smartphone alias telepon pintar. Layarnya cukup lebar dan berwarna. Navigasinya menggunakan trackball, yang digolongnya unik dan baru pada zamannya. BB ini mensupport MP3, dan menggunakan memory eksternal tipe Micro SD. Bisa dibilang fiturnya cukup lengkap. Bisa internetan, ada Wi-Fi, Bluetooth, dan USB. Kameranya pun sudah 2 MP, dengan lampu flash pula. Kameranya juga bisa digunakan untuk merekam video. Menggunakan OS BB, BB ini dilengkapi fitur online 24 jam. Selalu terhubung melalui BBM, Twitter, maupun Facebook yang notificationnya selalu masuk di BB jika paketnya aktif. Keunggulan lain? BlackBerry Map, Documents Editor (yang bisa dipakai mengedit dokumen Word, Excel, PowerPoint, bahkan PDF), video player, dan VN alias voice note. Kalo dalam waktu standby alias nggak diapa-apain dan nggak aktif pake, BB ini bisa tahan sampe 408 jam, wow! Ga kayak BB sekarang yang sebentar-sebentar mesti charger, kan? Punya aku warna hitam, lebih keren dan elegan kesannya.

5. Nokia E75
Nokia again. Ya, yang satu ini diluncurkan tahun 2009 dan sudah mendukung fitur 3G. Modelnya geser samping. Dengan tombol model candybar dan QWERTY kalo slide sampingnya dibuka. Layarnya lebar, cukup lebar untuk tipe HP seperti itu. Tapi bodynya cukup berat karena berbahan stainless steel. Memakai memory Micro SD untuk multimedianya. Fitur internet? Lengkap. Ada Wi-Fi, Bluetooth, dan USB-nya juga kayak BB 8320. Kameranya ada 2, depan dan belakang. Kamera depannya VGA, untuk video call, kamera belakangnya 3.2 MP dengan lampu flash. HP ini juga mensupport radio dan GPS. Documents Editor, video player. Baterenya tahan sampe 280 jam dalam posisi standby. Punya aku warna hitam, kayak di gambar ini. Cuma karena casingnya rusak, diganti jadi casing warna merah. Dan, casingnya rusak lagi.

6. Samsung B3410 (Corby Plus)
Samsung merupakan merk raksasa dalam dunia elektronik saat ini. Produk Samsung sekarang mengusung OS Android. HP Samsung-ku ini belum pake OS Android. Diluncurkan tahun 2009. Sama kayak Nokia E75, modelnya slide ke samping. Ntah kenapa aku suka banget sama model HP beginian, rasanya keren aja. Selain slide samping, ke-kerenan berikutnya adalah layarnya lebar dan touch screen. Support Micro SD, dan fitur multimedianya lengkap, seperti pemutar musik dengan suara yang jempolan, kamera 2 MP yang bisa dipake rekam video, dan pemutar video. Bisa dipake internetan, ada Bluetooth dan USB-nya. Ada radionya, dan banyak widget menarik yang bisa di-download untuk memperlengkap ke-kerenan HP ini. Untuk HP beginian. baterenya cukup tahan lama, tahan sampe 640 jam dalam keadaan standby dan aku udah membuktikannya. HP aku warnanya putih-biru tosca. Dan kalaupun sekarang aku pake HP itu, aku tetap PD.

Source:

1 comments:

Unknown said...

kayak iklan jual hape aja ya tir :p

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates