Sunday, November 4, 2012

Tahu Berformalin


Kemarin yang masak di rumah itu kakak, karena mama lagi sakit. Tugasku adalah belanja. Kakak aku nyuruh aku beli tahu, kentang, sama kacang panjang. Aku memang jarang banget ke pasar. Aku nggak tau dimana letak penjual tahu, kentang, atau kacang panjang. Apalagi untuk milihin mana tahu, kentang, dan kacang panjang yang bagus. Intinya asal dapat, ya caplok aja.
Pas sampe rumah, kakak aku siap-siap mau masak. Dia ngecek belanjaan aku. Pas buka plastik yang isinya tahu, kakak aku manggil. Apaan sih? Ternyata kakak aku bilang, tahunya berformalin. Buktinya? Pas ditekan-tekan, tahunya keras, gak kayak tahu yang biasa mamaku beli, yang mudah hancur. Baunya juga nggak 100% kedelai, kayak ada sedikit-sedikit bau obatnya. Aku jadi ngeri sendiri. Ternyata tahu berformalin udah sampe di daerahku.



Makanan berformalin, kayak tahu misalnya, gak bagus banget buat tubuh kita. Menurut yang aku baca di http://www.republika.co.id, sering-sering makan-makanan yang berfomalin bisa merusak fungsi ginjal dan juga organ tubuh lain. Serem banget. Buat yang suka makan tahu, patut waspada. Tapi jangan khawatir. Ini dia ciri-ciri tahu berformalin yang aku kutip dari http://health.okezone.com:


Tahu yang diawetkan menggunakan formalin kencang, kenyal, dan teksturnya agak kasar. Kalaupun lembek tetapi tidak hancur, baunya anyir seperti bau formalin. Tahu yang bebas formalin itu lebih lembek dan mudah sekali robek bila diangkat, permukaannya lebih lembut, lebih halus, kalau diangkat mudah hancur.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya, dan membuat kita lebih waspada dan teliti dalam berbelanja. Aku juga jadi lebih hati-hati lagi kalau belanja, terutama dalam memilih tahu.

Source:

poskota.co.id
jonru.multiply.com
republika.co.id



1 comments:

CITRA SHOP said...

Produk yang Kami Tawarkan Semuanya Asli Original,
Ada Garansi Resmi Distributor dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.dan Buruan belanja dan dapatkan promo dar kamii untuk semua produk kami.Dijual> BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-3103-0120 atau klik website resmi kami http:/Citra-shopelektroniik.blogspot.com

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Nokia Lumia 800 MORE PICTURES
Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-

Ready Stock ! Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSMRp.450.000,-

Nokia Lumia 710 T-Mobile MORE PICTURES
Ready Stock !
Nokia Lumia 710 - Black
Rp. 900.000,-
Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
Rp.700.000

Ready Stock !
APPLE iPod Nano 8GB - Pink
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue
Rp 1.700.000

Acer Aspire One AOD270 10.1" Netbook
Ready Stock !
Acer Aspire One AOD270 10.1
Rp. 1.000.000,-

Acer TravelMate TM8481-2462G32 14" Notebook
Ready Stock !
Acer TravelMate TM8481-2462G32
Rp. 1.400.000

Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook (with Keyboard Docking)
Ready Stock !
Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook
Rp. 1.100.000,-

Ready Stock !
Nikon D7000 kit 18-105mmRp.1.700.000

Ready Stock !
Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix L 120 Red
Rp. 900.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix P 500 Black
Rp 1.000.000 Ready Stock !
BlackBerry Z10
Rp.2.500.000

Ready Stock !
BlackBerry Q10
Rp.3.200.000

Ready Stock !
BlackBerry Q5
Rp.1.200.000

Ready Stock !
Samsung galaxy S4 I9500
Rp.2.500.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy S3
Rp. 2.100.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7100
Rp.2.500.000,-

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates